Jika anda mengunjungi kota Seoul, ibu kota
Korea Selatan maka akan segera melihat sebuah tower yang menjulang tinggi di
atas sebuah bukit. Tentu akan lebih mudah terlihat. Tower ini merupakan salah
satu ciri kota Seoul. Objek tersebut merupakan salah satu tempat yang banyak di
kunjungi oleh turis dalam negeri maupun luar negeri. Istilahnya a must see. Mereka
adalah pelajar, mahasiswa, pebisnis, keluarga, mereka yang sedang training
maupun yang merupakan turis yang tujuannya jalan-jalan ke manca negara.
![]() |
Nampang di Salah Satu Sudut Seoul Tower Tahun 2013 |
Dari segi bisnis, Seoul Tower sangat menarik.
Saya menilai pengelolanya sangat kreatif dalam mengembangkan produk-produk yang
dapat dijual kepada para turis. Pengunjung dapat melihat barang-barang yang
bisa juga diperoleh di objek lainnya yang serupa seperti kartu berupa
gambar-gambar tower, gantungan kunci, mock-up tower yang dibuat dari berbagai
materi. Tower tersebut ada yang terbuat dari bahan plastik, stainless, dan
beberapa material lainnya. Harganyapun bervariasi dari yang cukup murah sekitar
25 ribu rupiah hingga yang lebih mahal dengan harga dua ratus lima puluh ribu
rupiah. Itu kira-kira biasa yang ada juga di tempat lainnya.
![]() |
Wow...Gunung Kunci...Lariis..Tahun 2013 |
Mari perhatikan produk lainnya yang menarik.
Pengunjung bisa naik hingga ke dekat tower walaupun tidak sampai di towernya.
Jadi harus jalan kaki sedikit walau cukup menanjak. Bagi kebanyakan mereka yang
sudah senior dari segi umur harus pelan-pelan juga. Ada pilihan lainnya yaitu
pakai kereta gantung (cable car) dari lokasi jauh di bawah tower. Setelah
membeli tiket, pengunjung naik ke lantai 3 menunggu kereta. Jumlahnya hanya dua
buah, bila satu kereta naik maka yang lainnya akan turun ke bawah. Kapasitasnya
sangat besar yaitu sekitar 40 orang. Jadi satu rombongan kami cukup naik satu
kereta saja. Bila dibandingkan dengan cable car di Singapura maka cable carnya
dapat memuat jauh lebih sedikit, mungkin sekitar 8 orang saja. Memang disainnya
seperti itu. Perjalanan ke Seoul Tower kurang dari 5 menit. Jadi singkat saja.
Tetapi memberikan impresi yang cukup baik melihat pemandangan hutan-hutan di
bawahnya serta berbagai bagian kota Seoul yang indah itu. Rasanya pada
kunjungan saya tahun 2010, fasilitas ini belum ada.
![]() |
Diorama Korea...Interesting..Tahun 2010 |
Tiba di atas, sudah ada petugas yang menyambut.
Namun pengunjung belum tiba juga di lokasi
towernya. Jadi harus jalan naik tangga yang bertahap terbuat dari bahan semacam
plastik berwarna coklat. Di sisi kirinya ada semacam kafe. Jadi dalam posisi
tanah yang miring tersebut, masih dibuat dua kafe. Memang menarik. Jika yang
merasa capek, dapat istirahat disitu sambil minum maupun makan makanan ringan
seperti keripik. Ukurannya kecil, hanya menampung 3 meja saja masing-masing
dengan 3 kursi. Saya melihat Manajemen Tower menggunakan setiap potong tanah
dengan produktif. Jadi ruang yang ada di sana yang terbatas itu di tata menarik
sehingga menghasilkan pendapatan yang cukup besar.
Setelah tiba di tanah yang lapang, ada
pertunjukan seperti silat ala Korea, tarian-tarian dan nyanyian. Sambil
istirahat duduk di tempat duduk batu di udara terbuka diselingi pepohonan,
pengunjung dapat menikmati pertunjukan. Sound systemnya sangat bagus. Pada hari
sabtu dan Minggu pengunjung akan makin ramai serta pertunjukannya lebih
bervariasi. Pada kunjungan saya tahun 2010 lalu, kebetulan akhir minggu di
musim semi, sangat ramai dan meriah. Rupanya juga saat itu bunga khas Korea
masih akan muncul seminggu lagi. Jadi baru lihat bunganya dalam jumlah sedikit
saja dan belum muncul secara maksimal.
![]() |
Nampang, Tahun 2010 |
Di lokasi dekat lapangan, disamping bangunan
tower ada tumpukan kunci yang ceritanya dapat melambangkan kekuatan hubungan
cinta di antara sepasang manusia. Jadi kunci yang baru dibeli dari took disitu
dikaitkan dengan kunci yang sudah ada banyak disitu. Tumpukan kunci tersebut
membentuk seperti bunga yang ujung di atasnya lebih lancip atau tajam dan
bagian bawah lebih gemuk. Disitu ada empat hingg lima pohon kunci.
Hubungan cinta dikaitkan dengan lambang kunci
ini ada juga di Great Wall Beijing. Disitu kunci-kunci di pasang di pinggir
dinding. Jadi memanjang. Karena memang lokasinya sangat luas dan panjang
seperti dapat dilihat di gambar-gambar. Nah kuncinya juga bisa dibeli di
toko-toko di bagian bawah Great Wall. Ada beberapa lokasi yang bisa didatangi
turis bagian Great Wall yang berada di luar Kota Beijing itu.
![]() |
Acara di Pelataran Seoul Tower, Tahun 2010 |
Kembali ke Seoul Tower tadi, pengunjung dapat
juga masuk ke gedung tower untuk melihat museum Teddy Bear. Disitu sangat
banyak beruang-beruang dengan berbagai variasi kejadian seperti yang sedang
membangun rumah, ada juga yang menjadi tentara, petani dan lain-lain. Sangat
menarik. Disitu pengunjung akan asyik mengambil foto maupun mengabadikannya ke
dalam film. Dengan smartphone yang sudah banyak dimiliki pengunjung maka
kegiatan turisme menjadi lebih menarik sekali bagi mereka. Apalagi gambar atau
film bisa dikirimkan seketika ke rekan maupun keluarga yang berada di seluruh
dunia.
Setelah itu kita bisa naik ke tower bagian
atas. Di tiap lift ada petugas. Sebelumnya kita di foto dan diberi tanda terima
untuk bisa membeli foto kita dengan latar belakang tower. Dalam hal ini ada dua
jenis foto yang disediakan. Begitu naik, kita disuguhkan film singkat selama
lift naik ke atas sehingga tidak terasa sudah tiba. Memang tidak lama, rasanya
kurang dari satu menit. Setelah keluar, ada petugas yang memperlihatkan foto
kita yang tadi diambil di bawah. Mereka hanya menawarkan, jadi tidak memaksa
untuk dibeli. Harganya untuk dua foto sebesar 18 Won, jadi sekitar seratus
delapan puluh ribu rupiah. Dengan bundling suasana, harga jadinya bisa
ditawarkan lebih tinggi. Pintar ya…
Yang lainnya lagi postcard yang dapat ditulis
disitu untuk rekan, keluarga, atau kekasih nun jauh di seberang lautan.
Kemudian kita beli perangkonya. Setelah beberapa hari postcard itu sampai ke
tujuannya. Setelah diterima, oh….dia mengunjungi Seoul Tower rupanya…
Kita juga bisa menulis pesan di sebuah tile
yang berukuran kecil yang nantinya di tempel di dinding tower tertentu yang
sudah ada tempatnya…cukup unik. Benar-benar memanfaatkan setiap ruang dan waktu
serta situasi dengan produk yang kreatif…sebetulnya masih banyak lagi yang bisa
diceritakan..tapi messagenya untuk kita di Indonesia umumnya..dengan sentuhan
inovasi dalam berbisnis (turisme) banyak yang bisa ditawarkan kepada
pengunjung…juga menarik untuk dikunjungi banyak orang…tentunya…(Hus/maghrib di
daejeon/kamis 4 juli 2013)
No comments:
Post a Comment